Bagaimanakah Anda melindungi otak?Ternyata dengan langkah sederhana,bagian dalam kepala kita ini bisa diamankan.Yaitu,memakai tekniknya si pelaut kondang Popeye: makan bayam!
Lha kok bisa??Menurut penelitian dari University of South Florida College of Medicine dan National Institute on Drug Abuse membuktikan bayam dapat menurunkan kerusakan otak secara signifikan dari bahaya stroke dan penyakit saraf lainnya.Walaupun,yg diteliti alias diuji coba cuma tikus.Ya iyalah,mana ada manusia yg sukarela dibuat stroke!
Nah tikus percobaan yg diberi asupan bayam mendapat kerusakan sel otak lebih rendah setelah strokenya pulih.
Penelitian melibatkan tikus yg diberi tambahan bayam selama 1 bulan.Kelompok kontrol hanya memakan makanan biasa dlm jumlah sama.Kedua kelompok tikus dibuat stroke.Hasilnya,tikus yg diberi bayam memiliki kerusakan otak 50% lebih rendah daripada kelompok kontrol.Kemampuan tikus untuk bergerak setelah stroke lebih baik daripada kelompok kontrol.Padahal bayam yg dikonsumsi hanya 2% dari total makanan yg diberikan.
Bayam mengandung flavanoid antioksidan tinggi,p-coumaric acid,9-cis-betakaroten,dan antioksidan alami larut air lainnya.Tingginya radikal bebas merusak lemak,protein dan DNA pada sel otak sehingga dapat menyebabkan kematian.Antioksidan menetralkan radikal bebas di sel otak yg dipicu stroke iskemik.
Pertanyaannya: dalam bentuk apakah asupan bayam itu?tim bayam,bubur bayam, sup bayam,kripik bayam,ataukah mie rasa bayam bawang???Sayangnya tidak dijelaskan sama sekali saudara-saudara.
Dibajak dari:info sehat Trubus 441,agustus 06.
Minggu, 08 Februari 2009
Langgan:
Poskan Komentar (Atom)

0 komentar:
Poskan Komentar